Berita

PT Java Medika Utama Di Acara Muktamar VII AIPKI


PT Java Medika Utama Di Acara Muktamar VII AIPKI

Dikutip dari

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO - Menariknya di lokasi Muktamar VII AIPKI juga dijual beberapa peralatan praktek bagi fakultas kedokteran.

Peralatan praktek ini dijual PT Java Medika Utama yang merupakan sponsor kegiatan ini. Berbagai peralatan kedokteran itu kata Antony Wibowo Head of Marketing, PT Java Medika Utama, peralatan Physiko yaitu Physical Assessment Simulator. Satu set dapat menjadi alat praktek mahasiswa dan dosen kedokteran tiap fakultas.

Alat ini dijual dengan harga Rp 900 juta namun diberi diskon 40 persen. Peralatan ini berfungsi sebagai alat pemeriksaan Pupil reflex, Blood Pressure, Heart Sounds & Arterial Pulses, Lung Sounds, Bowel Sound, ECG alat periksa jantung.

"Alat ini dilengkapi dengan boneka mirip manusia yang telah diprogram untuk dilakukan pemeriksaan. Misalnya, beberapa penyakit mata, tekanan darah, pemeriksaan hati, pemeriksaan paru-paru serta suara pada paru-paru, pemeriksaan usus dan alat periksa jantung.
Kata Antony, produk ini dikhususkan kepada seluruh fakultas kedokteran yang ada di seluruh universitas di Indonesia untuk menunjang proses perkuliahan.

Terdapat alat praktek yang mendiaknosa jantung, pelatihan infus, latihan menjahit pada pasien yang luka, pertolong pertama untuk pernapasan, pemasangan infus, pemasangan alat bantu kencing, alat peraga pemeriksaan mata, telinga dan alat peraga untuk bayi yang baru dilahirkan.

Pentingnya alat ini membuat beberapa dekan dari beberapa fakultas telah mempersiapkan untuk dimasukan dalam anggaran agar dapat membeli peralatan Physical Assessment Simulator. Universitas Widya Mandala Surabaya baru membeli alat tersebut.

Alat ini bisa berbicara seperti manusia, sehingga mahasiswa dapat berkomunikasi langsung kepada sama seperti pasien melalui alat tersebut.(kel)