Berita

Musyawarah Nasional (Munas) Aso­siasi Fakultas Kedokteran Swasta Indonesia (AFKSI) XXI 2022


Musyawarah Nasional (Munas) Aso­siasi Fakultas Kedokteran Swasta Indonesia (AFKSI) XXI 2022

MUNAS AFKSI merupakan kegiatan rutin yang dilakukan oleh AFKSI yang bertujuan untuk mengevaluasi capaian kinerja yang telah dilaksanakan dalam 2 tahun berjalan. Dalam kegiatan MUNAS AFKSI juga akan dilakukan pemilihan ketua AFKSI untuk periode 2 tahun kedepan. Sehingga diharapkan, dalam menjalankan fungsinya AFKSI akan dapat berkinerja dengan lebih efektif dan efisien dengan hasil yang diharapkan. Selain itu MUNAS AFKSI juga menjadi ajang silaturahmi antar institusi yang bertujuan meningkatkan solidaritas, kerjasama, dan saling support antar institusi.

Dalam rangkaian kegiatan Musyawarah Nasional ini FK UNIZAR juga berusaha mengenalkan salah satu cabang dari ilmu kesehatan dan kedokteran yang jarang dibahas dan diangkat, tetapi memiliki pengaruh dan peran sentral terutama dalam era globalisasi, serta sebagai komponen dalam kemajuan suatu negara tujuan pariwisata seperti Indonesia, yaitu Kesehatan Pariwisata. Tujuan acara ini dilaksanakan tidak hanya terpusat kepada tujuan formal dari suatu musyawarah organisasi, tetapi juga diharapkan dapat meningkatkan soliditas, solidaritas, kerjasama, saling menunjang, saling mengisi antar Institusi Fakultas Kedokteran Swasta se-Indonesia. Semoga dengan pertemuan ini Pendidikan Kedokteran di Universitas Swata bisa berjalan dengan baik serta dapat menyesuaikan dan beradaptasi sesuai kemajuan zaman.

Ketua Umum PB AFKSI Periode 2019-2022, Dr. dr. Wawang S. Sukarya, Sp.OG(K), MARS, MH.Kes menyampaikan bahwa momentum MUNAS AFKSI yang dinantikan dapat terlaksana secara Luring di Lombok, karena sebelumnya terhalang adanya pandemi Covid-19. “Pendidikan berbasis hati itu diusung sebagai tema MUNAS AFKSI saat ini, hal ini sejalan dengan salah satu motto yang pernah saya baca yaitu knowledge is power, but character is more. Sebagai sebuah organisasi, kita harus menyatukan langkah, maka tidak hanya secara format berpusat pada kegiatan organisasi melainkan juga dapat meningkatkan solidaritas, kerja sama, dan bergerak maju dengan cara memelihara kualitas” ucap dr. Wawang.

Dekan FK UNIZAR Dr dr H Artha Budi Susila Duarsa, M.Kes juga menyam­paikan sambutannya di­hadapan para delegasi yang terdiri dari dekan dan penjabat struktural dari masing-masing FK swasta seluruh Indonesia. “Selamat datang di Pulau Lombok, NTB. Pulau 1000 masjid yang insya Allah akan membawa ketenangan dan seribu kenangan manis,” tutur dr Artha. “Sebagai suatu kehor­matan bagi FK UNIZAR diamanahkan sebagai tuan rumah Munas AFKS. Ini adalah pengalaman per­tama bagi kami sekaligus memberikan kekuatan untuk do the best dalam menyajikan kegiatan ini. Tema Munas kali ini adalah Back to the basic, Heart-Based Education as fun­damental aspect in medi­cal education, haruslah berlandaskan hati nurani, tidak hanya mendidik dan mencerdaskan secara “knowledge”. Tetapi juga membangun “soft skills” dan kesadaran hati nurani dari peserta didik dan se­genap civitas akademika dengan semangat yang penuh empati dan cinta kasih,” imbuh dr Artha.

Dekan FK UNIZAR, Dr. dr. H. Artha Budi Susila Duarsa, M.Kes terpilih sebagai Ketua Umum PB AFKSI Periode 2022-2025 dan dikukuhkan secara resmi melalui prosesi sakral dihadapan para delegasi. Saat pidato sebagai ketua umum PB AFKSI yang baru, dr. Artha mengucapkan terima kasih kepada para peserta MUNAS yang telah mempercayakan dirinya sebagai nahkoda AFKSI dalam 3 tahun ke depan.